Awas, Tato Temporer Bikin Kulit Melepuh Seumur hidup!



Awas, Tato Temporer Bikin Kulit Melepuh Seumur hidup! - Tato temporer saat ini memang tengah menjadi tren di kalangan anak muda. Tapi ternyata pihak berwenang di Amerika Serikat memberikan peringatan soal bahayanya hiasan tersebut.

Dari hasil riset yang dilakukan oleh Food and drug Administration (FDA) ditemukan bila tato temporer mampu merusak kulit hingga permanen.

Ini karena tato temporer tinta yang dipakai hanya menempel pada kulit, berbeda dengan tato permanen yang tintanya disuntikkan dalam kulit.

Umumnya tinta yang digunakan adalah henna hitam. Ada kemungkinan bila tinta tersebut mengandung tar untuk pewarna rambut yang berisi p-phenylenediamine (PPD). Bahan tersebut bisa bereaksi dan merusak kulit seseorang.

Secara hukum, PPD tak diperbolehkan digunakan pada kosmetik yang ditempelkan pada kulit.

Muncul berbagai laporan pada lembaga tersebut menyangkut reaksi serius dan berlangsung waktu demi waktu pada orang yang bertato temporer yang menggunakan tinta henna. Reaksi akan terlihat sejak dua atau tiga minggu setelah pemakaian pada kulit.



Beberapa laporan yang ditujukan pada FDA antara lain :

- Seorang anak berusia lima tahun berkelamin perempuan kulitnya berubah menjadi merah parah setelah bertato.

- Perempuan berusia 17 tahun setelah bertato kulitnya berubah merah dan gatal, lalu melepuh.

- Laporan dari seorang ibu yang melihat puggung anaknya seperti terbakar dan melepuh. Dokter menyatakan bila luka itu takkan hilang seumur hidupnya.

Disarankan orang yang mengalami masalah akibat reaksi tato segera berobat ke dokter untuk menjalani perawatan.

0 comments:

Post a Comment

 

Informasi Lifestyle Terpopuler Copyright © 2011-2012 | Supported by